Selasa, 16 Juli 2013

Nyamuk dan Fakta Uniknya

Nyamuk dan fakta uniknya sudah pasti menjadi salah satu topic pembahasan yang sangat menarik untuk disimak. Apakah Anda sering merasa jengkel pada saat tidur karena ada hewan kecil yang selalu berdengung di telinga? Nyamuk merupakan hewan kecil yang mampu bergerak lincah dengan sayapnya yang pintar mengelak pada saat ingin ditangkap. Nyamuk juga mampu melihat mangsanya pada saat kondisi gelap. Nyamuk sudah menjadi salah satu serangga yang amat mengganggu kehidupan manusia karena terus menghisap darah dan menyebabkan gatal-gatal. Bahkan, sekarang ini nyamuk juga sudah bisa menyebabkan suatu penyakit.

Tahukah Anda jika sebenarnya nyamuk menghisap darah bukan karena ingin mengenyangkan perutnya? Ya, pada umumnya merekaakan lebih suka menghisap madu ataupunnectar yang berasal dari bunga-bunga. Sementara itu nyamuk yang hobi mengisap darah manusia hanyalah nyamuk berjenis betina. Hal itu dikarenakan nyamuk betina membutuhkan banyak kandungan amino yang ada di dalam darah kita untuk melancarkan proses pertelurannya.

Sebenarnya, darah manusia hanya mengandung sedikit asam amino saja, sehingga nyamuk lebih menyukai darah tikus ataupun kerbau. Tetapi jika di lingkungan sekitarnya hanya menemukan banyak manusia saja, ia pun tidak dapat menolak dan terpaksa menggigit tubuh manusia untuk memenuhi kebutuhan bertelurnya.

Nyamuk memang selalu bisa menemukan mangsanya dengan sasaran yang tepat, yang disebabkan karena mereka mampu melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bahkan bau tubuh manusia. Maka dari itu, meskipun kita tidur dengan lampu yang dimatikan, menggunakan selimut, tetapi masih terdapat ujung kaki yang terlihat, atau mendengar nafas kita, hal itu bisa menjadi sebuah pertanda bagi nyamuk untuk menyerang sasarannya. Pada saat nyamuk menghinggapi tubuh kita, ia akan meletakkan mulutnya yang sekilas terlihat seperti sedotan, dan terdapat pisau tajam yang digunakan untuk merobek kulit sehingga menembus urat darah dan kemudian baru menghisap darah kita.

Pada saat menghisap, ia pun menyempatkan diri untuk menjatuhkan air liur sehingga darah yang dihisapnya tidak mudah membeku. Air liur itulah yang menyebabkan kita menjadi gatal dan bentol. Bagi kita, proses ini memang berlangsung dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat daripada seorang dokter yang menyuntik. Padahal, proses yang dilakukan nyamuk cukuplah rumit, hampir menyerupai seorang dokter yang ingin membedah pasiennya dengan akurat dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar